LAPORAN HASIL
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI CV. PORTAL KOMPUTER
JL. INPRES RAYA
NO 4 CILEDUG TANGERANG
TANGERANG
DISUSUSN OLEH
1.
Endah
Dwi Sapitri NIS 101101708
2.
Rostika
Wati NIS
101101783
Kelas : XI Multimedia
Kompetensi
Keahlian : Multimedia
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MANGGALA
JL. HOS.
COKROMINOTO GG.H.ILYAS NO.63 KARANG TIMUR
KARANG TENGAH –
TANGERANG 15157
TELP (021)
7306920, 7307250 FAX. (021) 72457246
LEMBAR PENGESAHAN
Telah disahkan laporan dengan judul
LAPORAN
HASIL
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
CV. PORTAL KOMPUTER
JL. INPRES RAYA NO.4 LARANGAN CILEDUG
TANGERANG
Pembimbing DU/DI Pembimbing
Prakerin
(Jabatan) Smk Manggala
Wibowo Purnomo,S.Kom Lisa Fitriani Ishak ST.MT
Mengetahui
Kepala SMK Manggala
Budi Priyono, SE, M.Pd
ii
KATA PENGANTAR
Syukur
Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan susunan laporan Prakerin ini
sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah.
Dari hasil yang
telah dilakukan dan dicapai selaku mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
di CV. PORTAL KOMPUTER selama 1 bulan dari tanggal 28 january s/d tanggal 28
february 2013, saya mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai.
Sebelum
melanjutkan penyusunan laporan ini terlebih dahulu saya mengucapkan banyak
terimakasih kepada :
1.
Bapak
Budi Priyono SE.MPd, selaku Kepala Sekolah SMK MANGGALA .Ciledug ,yangtelah
memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan prakerin.
2.
Bapak
Wibowo S.kom, selaku Pembimbing DU/DI di CV. PORTAL KOMPUTER.
3.
Ibu
Lisa Fitriani Ishak ST.MT selaku Pembimbing Prakerin SMK MANGGALA.
4.
Guru-guru
SMK MANGGALA yang telah memberikan pengarahan untuk melaksanakan prakerin.
5.
Serta
semua pihak yang telah membantu menulis dalam menyusun laporan ini.
Saya mengakui bahwa laporan ini masih
jauh dari kesempurnaan dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang
sifatnya membangun dari bapak/ibu guru SMK MANGGALA.
Tangerang,
15mei 2013
Endah Dwi.Sapitri
iii
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………………
ii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………...
iv
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Pengertian
Prakerin…………………………………………………………1
B.
Tujuan
Prakerin……………………………………………………………..1
BAB II LAPORAN PRAKERIN DI PERUSAHAAN /
INSTANSI
A.
Sejarah
Singkat Perusahaan , Tujuan pokok dan Fungsinya………………......2
B.
Struktur
Organisasi Tempat Prakerin………………………………………..3
C.
Pengetahuan
Dan Pengalaman Kerja Selama Prakeri……………………......4
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan………………………………………………………………….5
B.
Saran………………………………………………………………………...5
LAMPIRAN
1.
Daftar
hadir
2.
Jurnal
kegiatan
3.
Foto
copy sertifikat / surat keterangan prakerin
4.
Data
pribadi siswa
iv
BAB1
PENDAHULUAN
A.
Pengertian
Prakerin
Setiap siswa
lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja.Karena
lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri. Oleh karena
itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda ( PRAKERIN ) yaitu dengan
melaksanakan Praktek Kerja Industri agar
setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum
memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan
hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan,pola
penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan
sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi
pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional,
karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan
unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan
kiat bekerja yang baik. SMK yang
peralatan praktek cukup memadai pun, belum tentu peralatan itu sesuai dengan
yang ada di Industri/Usaha.
Sekarang peralatan di Dunia Usaha/Industri
sudah serba automatis sedangkan peralatan yang ada di SMK – SMK masih manual.
Sehingga pelaksanaan praktek hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang
memperhatikan,kebutuhan di Dunia industri/Usaha itupun tidak semuanya dapat dimanfaatkan
secara maksimal,Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian,ada dua pihak
yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan yaitu
lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi
tertentu).
Kedua belah
pihak tersebut terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan
program, tahap penyelenggaraan, sampai
Penggunaan unsur
ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat di pelajari di sekolah, namun untuk
kiat adalah sesuatu yang tidak dapat di ajarkan tetapi harus dikusai melalui
pembiasaan dan internasional.
Untuk kiat yang
menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat
dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Mata diklat
praktik kejuruan yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang
lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi
peniruan (simulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu
sulit di harapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagai mana yang di
harapkan.
Melihat
kenyataan diatas.Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan
“Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan).Departemen Pendidikan dan
kebudayaan dalam model penyelenggaraan
Pendidikan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaan sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undag Nomor 2 Tahun 1989 tentang
sistem Pendidikan Nasional,
1
PP Nomor 20
Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 tahun 1992 tentang
Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan
Nasional, Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan
Kepmendikbut Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
Ada beberapa peraturan tentang Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Mentri. Adapun peraturan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantung pada
UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan pesrta
didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau pelatihan bagi peranannya di
masa yang akan datang.
Peraturan
Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yaitu bertujuan
meningkatkan kemampuan peserta didik
sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbale balik dengan
lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan pengetahuan peserta
didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk
mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) serta kebudayaan;
Keputusan Mentri
No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam meleksanakan
pendidikan dilaksanakan melalui 2 jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan
Pendidikan diluar sekolah”
B.
Tujuan
Prakerin
Tujuan penyelengaraan
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) dapat di jelaskan sebagai berikut :
1.
Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan
lapangan kerja.
2.
Meningkatkan
dan memperkokoh keterkaitan dan kesepadanan ( Link and Match ) antara
pendidikan dan lapangan kerja.
3.
Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja berkualitas dan
professional.
4.
Memberikan
pengakuan dan penghargaan dari proses pendidikan.
5.
Mengembangkan
kemampuan dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian
1
BAB II
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI CV. PORTAL KOMPUTER
A.
Selayang
Pandang Perusahan / Instansi
Sejarah
CV PORTAL KOMPUTER
adalah sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2007, dibentuk untuk
memberikan soludi dalam persaingan perdagangan computer, perbaikan computer dan
development database serta web design yang saat ini dinilai sangat maju pesat.
Team CV PORTAL
KOMPUER tergabung dari tenaga ahli lulusan dari Universitas IT. Dan CV PORTAL
KOMPUTER akan sebaik mungkin untuk jadi yang terbaik dalam segala hal, terbaik
dalam harga, kualitas dan pelayanaan walaupun CV PORTAL bukan yang terbesar
tapi mereka yakin mampu bersaing diantara perusahaan – perusahaan besar lainya.
2
B.
Struktur
Organisasi Tempat Prakerin
Struktur
KETUA
WIDI
KARIANTO ASEP SUGENG
ARWIN ANAS
Diatas adalah Table Struktur Organisasi
CV PORTAL KOMPUTER dengan jabatan jabatannya masing – masing diKETUA ada pak
widi, wakil ketua atau bisa dibilang teman serekan kerjanya ada pak widi dan
anggota – anggotanya yaitu ada :
1.
Ketua
(Master IT) : Wibowo
2.
Wakil
ketua : Widi
3.
Teknisi
monitor : Karianto
4.
Teknisi
Komputer (hardware dan software) : Asep
5.
Teknisi
Printer :
Sugeng
6.
Anggota :
Arwin
7.
Anggota :
Anas
3
C.
Pengetahuan
Dan Pengalamaan Kerja Selama Prakerin
Waktu
Adapun waktu
untuk melaksanakan PRAKERIN adalah mulai dari tanggal 28 jaunary sampai dengan
28 february 2013. Praktek Kerja Industri di CV. PORTAL dimulai dari pukul 09:30
WIB – 17:00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 13:00 WIB – 14:00 WIB .
Tempat
Tempat yang
digunakan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah di CV
PORTAL KOMPUTER di jalan Inpres Raya No 4 Larangan Tangerang.
Kegitaan
Umum dilokasi Prakerin
1.
Menginstal
Software
Saat PRAKERIN
kami biasanya menginstal software sebagai berikut :
1.
Microsoft
office yang bergunma untuk mengolah sebuah data dan angka dll.
2.
Anti
Virus , Anti virus yang biasa diinstal adalah Karpesky dan Smadav , berfungsi
sebagai mempertebal suatu computer dari serangan virus yang biasa didapat
melalui hasil unduhan atau downloader.
3.
Adobe
Reader berguna untuk membuka File/ebool berformat PDF.
4.
Google/Mozila
firefox berguna untuk menjelajahi internet =.
5.
Winamp
berguna untuk memutar audio maupun video namun lebih mengarah pada audio.
6.
Auto
desk berguna untuk mendesign gambar.
7.
Game
house , ada banyak permainan didalamnya.
8.
You
cam4 berguna sebagai kamera di laptop.
9.
Install
X media recorde
10. Install jejaring
social SKYPE
2.
Menginstal
system Oprasi
Dalam
pengistalan SO (system oprasi) kami biasanya mengistal sebagai berikut :
1.
Windows
Xp
2.
Setting
BIOS
3.
Ghost
32
4
3.
Pengecekan
1.
Pengecekan
Harddisk
2.
Pengecekan
Ram
3.
Partisi
Harddisk
4.
Perakitaan
1.
Menganalisis
Kerusakan Pc
2.
Perakitan
komponen computer
3.
Perawatan
peripheral monitor, keyboard, mouse, printer dll
4.
Membongkar
pasang Printer laser jet
5.
Menyolder
adaptor laptop , berfungsi untuk menyambungkan kembali kabel yang terputus
6.
Pengecekan/Tes
printer canon Mp140, pengecekan ini berguna untuk melihat hasil cetakan print
4
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam menyusun
laporan ini terdapat beberapa kesimpulan diantaranya :
1.
Dapat
lebih memahami apa yang dimakasud dengan PRAKERIN.
2.
Mengetahui
tujuan PRAKERIN itu sendiri.
3.
Mengetahui
sejarah dan tujuan – tujuan dari tempat Prakerin itu sendiri.
4.
Mendapatkan
pembelajaran yang tak ternilai harganya dan yang belum sempat diajarkan
disekolah.
5.
Mendapatkan
pengetahuan lebih tentang Perangkat Keras (hardware).
B. Saran
Dalam penyusunan
laporan ini kami dapat memberikan beberapa saran antara
lain :
1.
CV.
PORTAL sebaiknya tempatnya dirapihkan agar masyarakat luas bisa melihat bahwa
ditempat tersebut adalah tempat service computer dan sebagainya.
2.
Karyawan
atau pegawainya diberikan seragam kerja, supaya mengetahui bahwa itu karyawan
CV. PORTAL
3.
Maaf
seharusnya dari pihak sekolah bisa menempatkan tempat Prakerin siswa sesuai
dengan jurusannya.
4.
Maaf
sebaiknya dari pihak guru tidak usah banyak berjanji soal anak multimedia yang
Prakerin di Stasiun Televisi, agar para siswa tidak terlalu berharap banyak.
5
DATA DIRI
Nama :
Endah Dwi Sapitri
Jenis kelamin :
Perempaun
Tempat Tanggal Lahir :
Tangerang, 27 April 1996
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Hb novel Rt 004/01
No Telp :
021-73442602
Email : ------------------
Pendidikan Formal
2002 – 2007 :
SDN LARANGAN SELATAN 01
2008 – 2010 : SMP MANGGALA
2011 - 2014 : SMK MANGGALA
(sedang ditempuh)
DATA DIRI
Nama :
Rostika Wati
Jenis kelamin :
Perempaun
Tempat Tanggal Lahir :
Bandung, 15 Juli 1996
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
AlAMAT :
Jl. Kp bulak Rt 005/06
Pendidikan Formal
2002 – 2007 : SD
MI YYPI
2008 – 2010 : MTS AL-ISLAMBANDUNG
2011 - 2014 : SMK
MANGGALA(sedang ditempuh)
Reviews:
Posting Komentar